Selasa, 19 November 2013

Pelajaran dari Seorang Kakak

Siapa bilang "Dendam " itu selalu buruk.. memang siy kalau denger kata dendam udah sereeem bgt yah hehehe.. Tapii dendam ibu Hj Ida yang saya temui tadi beda loh dengan dendam-dendam lain.. ternyata dendam nya membuahkan suatu hal yang sangat positif buanget.. Awalnya saya ke rumah Hj Ida cuma untuk kirim barang dan ambil KTP nya aja tapii karena saya penasaran dengan rumah yang sekaligus tokonya yang penuh sembako saya jadi tergelitik buat bertanya sama kakak saya yang satu ini..

" ka Ida.. ini barang-barang banyak begini, gimana ka itung-itung stock barangnya?" saya yang memang latar belakang akuntansi penasaran buangeeet gimana cara toko kelontong menghitung persediaan barangnya.... ternyata jawabannya bikin saya tambah kaget..

"halaah May, ngapain lah gw itung-itung.. biarin aja, kalau gw curigaan sama yang jagain warung malah gw yang sakit .. pokoknya percaya aja sama dia. Omset sehari, 10% nya kita sisihin buat kebutuhan kita.. nanti 90% nya buat muter barang lagi.. "

mmm pelajaran menarik untuk saya hari ini.. " emang berapa sih ka omset nya sehari..?"

"sehari biasanya sampe may 10 juta.."

"hah , 10 juta sehari, ini dari 1 warung ato semua warung ka?"

"warung ini aja, kalau yang lain ya biarin aja dah itu urusannya pak haji. pokoknya gw buat simpenan sehari 200 ribu deh, kalau pak haji terserah dia dah urusannya..coba may, mana ada orang kalau kerja di kantor gajinya 1 juta sehari.."

" iya beneerrr kaka .. Truss ka.. kaka hebat ya.. warung ini kan dlu dari 0 banget ya ka.. dlu kan kaka sama pak haji tidurnya pakai alas kardus doang.. itu kok bisa ka kaya sekarang.."

"Lo tau May apa yang bikin gw kaya gini... itu karena gw dendam sama ibu Nana .... dulu ya ceritanya gw kan mau ikutan arisan, bang haji udah kasih uang ni sama gw 100 ribu padahal dulu uang juga masih susah tapi karena gw mau ikut arisan pak haji kasih lah uangnya sama gw. sampai disana.. bu nana bilang gini sama gw..
"maaf ya dik Ida, arisannya kalau yang rumahnya masih kontrak cuma boleh ikutan setengah aja."
Ya ampun ... lo tau may gw tuh rasanya pengen nangiss dan lari juga tuh waktu di arisan itu mending berapa siy uangnya cuma 5000 perak padahal gw bawa uang 100 ribu. pulang dari sana gw ceritain deh sama pak haji kejadian di arisan sambil nangis.. trusss gw sholat sambil berdoa..

" ya Allah jangan ambil umurku dulu sebelum aku bisa punya rumah biar aku dapat membuktikan ke orang-orang bahwa aku bisa hidup di Jakarta ini."

Denger cerita ka Ida sambil membuat saya berfikir sejenak, ternyata ucapan yang mungkin menurut kita biasa ternyata bisa membuat orang lain luka... lalu saya bertanya lagi ..

"Ka Ida kan sekarang udah Alhamdulillah ya ka Berhasil dan dah punya rumah, trus gimana tuh ka.."

" Alhamdulillah sekarang rumah gw ada 3 may, bekas karyawan gw alhamdulillah juga udah bisa berangkat haji. ini yang ini bentar lagi mau di bikinin toko lagi,, dendam gw udah ilang may.. Alhamdulillah sekarang malah yang dulu menghina gw hidup nya lebih baik gw Alhamdulillah...emang pernah dlu waktu masih norak-norak nya kalau kemana-mana gw pake tuh emas sekali jalan 250 gram nempel di badan gw tapi sekarang buat apalah gw kaya begitu itu Riya.. yang penting gw sekarang bisa bertahan hidup di Jakarta tanpa bantuan dari ortu gw dan Alhamdulillah udah bisa bantu karyawan gw juga.."

Percakapan saya hari ini dengan ibu Hj Ida memang sebentar namun sangat berkesan bagi saya hari ini..
ternyata ucapan yang mungkin menurut kita biasa saja tapi orang lain yang mendengar bisa sakit hati dengan ucapan kita.. daaan.. benar kata guru saya pak Hadi Kuntoro,

" Semua orang bisa cari uang, bahkan pengemis di jalanpun bisa mencari uang tapi tidak semua orang bisa menggunakan uangnya dengan bijak."


Salam Sehat..

Beneran lho teman-teman kalau mau tanya harga sembako hari ini berapa saya ga tau

tapii kalau mau Ubah lemak jadi duit saya tau caranya..

hayuk segera meluncur contact saya

085881661121/pin bb 29DCD7D1




Tidak ada komentar:

Posting Komentar