Senin, 14 Mei 2012


 Our  Dearest Mama…..

Mama andung Rayyan usually called her with that name.. Mama aku, Aslida. Beliau lahir tanggal 18 Agustus 1952 berarti sekarang mama sudah 60 tahun. Dari duluuuu sekali mama memang ibu yang paling demokratis, yang membiarkan anaknya memilih apapun yang anaknya suka asal tidak melanggar Norma Agama. Dulu apapun yang kami minta , ga ada deh yang ditolak hampir semua yang kami minta dikasih sama mama. Memanjakan anak?? Tentu,, kami memang suka dimanja J

Sejak kecil saya selalu jadi “sapu tangan” mama. Kemana mama pergi selalu ada saya. Tapi semenjak adik saya lahir, yaa harus terbiasa sendiri deh. Mama sejak dulu hobi nya dagang dan masak. Kebetulan mama dan ayah berasal dari daerah Sumatra Barat yang terkenal dengan masakannya yang mantaaap. Saya sendiri dulu tidak suka makan masakan padang di luar rumah karena masakan mama jauh lebih enak dari restoran padang. Ayah apalagi, ga mau makan selain masakan mama hehe keren juga ya..

Kami terbiasa makan dengan pola makan padang. Makan dengan minimal 2 lauk dan satu jenis sayur. Yang namanya lauk untuk kami adalah semua makanan yang bernyawa atau paling rendah kasta nya itu yaa telur lah. Tempe dan tahu?? Kalau di keluarga kami kedua jenis makanan itu hanyalah sebagai selingan lauk saja.

Pagi kami terbiasa sarapan dengan makanan lengkap. Hebat ya mama kam beliau masak pagi-pagi buta.. kami ga tau kapan beliau masak, pokoknya saat kami bangun semua masakan sudah siap. Jika orang-orang bangun tidur gosok gigi atau bersihin tempat tidur, kami anak-anaknya.. bagun tidur sehabis shalat subuh ya makaaan doong apalagi hahaha..pokoknya kalau ga ketemu nasi ya bukan makan namanya ehehhehe.

Ketebak deh dengan pola makan yang seperti itu hampir seluruh keluarga kami terkena obesitas. Dulu hanya kakan saya saja yang kurus, itu pun hanya bertahan sampai dia SMA. Setelah SMA dia membesar dan semua kelurga kami benar-benar dikatakan “keluarga besar”.

Karena anak-anaknya semua perumpuan, walaupun kami suka makan.. saya dan kakak saya terus berusaha menurunkan berat badan,, ya iyalah buat apalagi kalau bukan untuk cari pasangan hehehe. Pokoknya segala cara dicoba deh. Mama memang yang kasih motivasi ke saya untuk turun berat badan, sebab kata mama.. kalo ga kurus ga bisa nikah soalnya bagu pengantinnya ga ada yang muah hahaahJ dan saya percaya dengan ucapan mama saat itu,

Saat kami (saya dan kakak) heboh – heboh diet, mama dengan pola makan yang tidak berubah menjadi semakin besar. Kamu sudah berusaha membujuk beliau untuk  menjaga pola makan. Namun beliau menjawab, “ mama udah tua tinggal dikubur aja, udah laku ga usah diet-diet segala.”

Baiklah dan sejak mama bicara itu, kami ga ada deh yang minta beliau diet, semua terserah mama saja. Namun maksud kami ternyata keliru. Mama dengan tubuhnya yang besar dan pendek ternyata punya telapak kaki yang kecil sehingga kaki nya tidak sanggup menahan berat mama. Jadi kesimpulannya mama tidak kuat untuk jalan lama-lama dan jauh-jauh.

Puncaknya terjadi di akhir tahun 2011, dengan kondisi kesehatannya yang sudah ada ganguan ternyata ketika cek dokter kembali.. hasil cek nya adalah,, darah tinggi , gula tinggi, asam urat tinggi dan kolesterol yang sudah diambang batas. Bukan hanya itu sajam ternyata berat mama mencapai 99kg dengan tinggi 145 cm. Dokter minta mama untuk minum obat seumur hidupnya. Saat itulah ternyata mama sudah lebih aware dengan kesehatannya. Semula mama punya niat, sampai maya aja deh mama mau liat nikah, saat ini artinya mama mau sehat kembali agar bisa melanjutkan hidupnya kembali dooong.

Mulai saat itu mama mulai kurangi makannya.. Kebetulan  di Tengah Maret 2012, gw lagi program penurunan berat badan. Karena kalo beli produk dalam jumlah banyak diskon yang gw dapet lebih besar, beli lah gw shake dan produk lainnya dalam jumlah banyak, niatnya siy buat lebih murah dan biar mama dan adik gw ikutan pake.

Alhamdulillah ternyata mama disiplin dalam program. Setelah 2 minggu mama mulai kuat untuk jalan jauh dan sekarang sudah kuat doong turun naik tangga. Alhamdulillah sekarang mama udah bisa pergi kemana-mana. Sekarang setelah sebulan alhamdulillah mama berhasil turun 8 kg. Prestasi yang lebih membanggakan heheh mama kuat loh naik angkot plus kereta apa dari rumah ke Parung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar